Sabtu, 16 November 2013

Nama Panggilan dan Bahasa Gaul yang sering di Pakai Orang Jepang Kalau Ngobrol

Macam2 panggilan dalam Nihongo

(nama)-sama: pangkat paling tinggi. Dipakai untuk orang yang lebih tua/lebih tinggi derajatnya.

(nama)-dono: setingkat dibawah -sama, tapi juga menandakan rasa hormat.
 

(nama)-sensei: guru/dokter
 

(nama)-sempai: senior
 

(nama)-san: untuk normal, biasanya buat yang baru ketemu/belom akrab
 

(nama)-chan: untuk anak kecil atau orang yang udah akrab
 

(nama)-kun: untuk cowo
 

(nama)-han: normal untuk logat kansai (kalau ga salah)
 

(nama)-(kosong): untuk memanggil orang yang derajatnya dibawah kita.

Kata ganti orang ;
 

• watakushi : saya(sangat formal)
 

• watashi: saya(formal) 

• atashi: aku(cewe), kesannya cewe kalem 

• boku: aku(cowo) 

• ore: gw/aku (gaul) 

• bokutachi: kami
 

• bokura : mereka
 

• kimi : kamu(biasa)
 

• anata : kamu (penggunaan yang satu ini harus hati2!)
 

• omae : kau! (sangat kasar)
 

• watashitachi = kami
 

• anatatachi = kalian
 

• aitsu = dia
 

• kare = dia cowo
 

• kanojo = dia cewe
 

• aitsutachi = mereka

*tambahan smua kata subjek (watashi/ore/boku/kimi/anata dll) ditambahin tachi berarti jamak
 

contohnya:
 

• watashitachi = kami
 

• anatatachi = kalian

*Pemakaaian kata ganti di atas harus lihat situasi dan kondisi. Perhatikan lawan bicara, berkata 
tuturlah yang baik dan sopan kepada orang yang lebih tua.

*Biasanya orang Jepang suka berteman dengan lawan bicara yang sopan dan menggunakan bahasa yang baik.

*Perlu diingat pula, jangan pernah menanyakan hal2 yang bersifat pribadi kepada orang Jepang jika kita adalah orang yang baru di kenalnya dan bukan teman dekatnya.

1. Uwaki otoko : cowok yang suka selingkuh

2. Uwaki onna : cewek yang suka selingkuh

3. Choukawaii : manis banget

4. Ikemen : cowok cakep

5. Otokotarashi : play girl

6. Onnatarashi : play boy

7. Hitomebore : cinta pandangan pertama

8. Ai shitemo ii? : bolehkah aku mencintaimu?

9. Boku no soba ni ite kurenai? : maukah kau berada di sisiku?

10. Puropoozu shitemo ii? : bolehkah aku melamarmu?

11. Tada anata o aishiteru : aku cuma cinta sama kamu (perempuan) 

Tada kimi o aishiteru : aku cuma cinta sama kamu (laki-laki)

12. Anata ni aete, yokatta : aku beruntung bisa bertemu denganmu…

13. Hanaretakunai : aku gak mau putus denganmu

14. Anata ni deatte, yokatta : aku senang bisa mengenalmu (di katakan saat putus dengan pacar)

15. Mou wakareta : udah putus

16. Ganbatte ne! : semangat!

17. Tsumanne : membosankan (perempuan)

Tsumanna : membosanlan (laki-laki)

18. Mendoukusaina : malasnya…

19. Yatta!! : asyik!! / berhasil !!

20. Sugee : hebat

21. Akiramenna!! : jangan putus asa!!

22. Namaiki iun ja nee yo : jangan sombong-sombong

23. Arienai : gak mungkin

24. Nani atta no? : ada apa sih…?

25. Oshiete kure! : kasih tau dong!

26. Majide? : sumpah lo?

27. Sokka : gitu ya…/ oya…

28. Betsu ni : gak ada apa-apa

29. Maa ne : ya gitu deh

30. Atari maeda! : ya iyalah!

31. Yappa : sudah kuduga

32. Shikata nai : apa boleh buat

33. Kawaisou : kasian deh lo

34. Iya / yada : gak mau…

35. Usotsuki : pembohong

36. Urusai yo! : berisik tau! (perempuan)

Uresee yo! : (laki-laki)

37. Jiro-jiro mite nanda yo! : apa lo liat-liat

38. Baka mitai : seperti orang bodoh / dasar oon

39. Baka yaro : dasar goblok

40. Kusso : brengsek / sialan

41. Saiteidayo : kamu gak ada apa-apanya

42. Sukebe : dasar omes (otak mesum)

43. Yabai! : gawat!

44. Kimochi warui : sebel

45. Suman : sorry

46. Iiwake desu : alasan ajah…

47. Muri o ittei masenyo : aku gak maksa kok

48. Makasete kudasai : percaya aku deh

49. Majime desuka? Sore de? : serius? Terus?

50. Kiwari nai : gak ada habisnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar